Selasa, 11 Februari 2014

Quiche Lorraine

Sebenarnya ini kelima kalinya setor PR di group LBT (Let's Baking Together) tapi baru kali pertama setor di blog baru. Mungkin postingan selanjutnya akan memberdayakan menu masakan yang dulu pernah saya bikin, masih ada simpenan foto-foto yang pengen muncul juga disini hihi..


PR LBT kali ini temanya Savoury Pie atau pie yang bercita rasa asin. Duli pernah bikin pie, tapi pie buah dan itu sudah duluuu sekalii. Makanya agak kebingungan cari inspirasi bikin pie asin ini. Iseng saya buka bookmark, eh ada Quiche Lorraine nya mba Nina. Jadilah saya bikin Quiche Lorraine aja.
Kepengennya isian ada tambahan jamur dan smoked beef, tapi cari kemana-mana ga dapet dua bahan itu. Alhasil isiannya cuma sosis dan bayam .__.


Resep aslinya disini http://catatan-nina.blogspot.com/2013/12/quiche-lorraine.html tapi disini saya modif, begitulah kalo udah di dapur menghadapi bahan seadanya. Cetakannya pun pake cetakan pizza dan sisanya  saya cetak di cetakan pie mini.

Quiche Lorraine

Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu protein sedang
100 gr margarin
2 kuning telur
50 ml air dingin

Bahan Isian :
3 buah sosis, iris sesuai tipis
100 gr bayam, seduh hingga layu dan iris kecil-kecil
1/2 butir bawang bombay
2 butir bawang putih, cincang halus
2 buah cabai merah keriting, iris tipis (optional ya)
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
50 gr keju cheddar parut halus

Bahan saus :
250 ml susu cair
2 kuning telur

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang pie, oles tipis margarin. Panaskan oven 170C.
2. Kulit : Campur tepung terigu, margarin, telur. Aduk hingga berbulir-bulir. Tuang sedikit demi sedikit air es, aduk dengan ujung jari hingga adonan dapat dibentuk. Bulatkan.
3. Gilas adonan dan cetak adonan pie dalam cetakan. Tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu.
4. Panggang kulit pie hingga setengah matang, kurang lebih 15 menit. Angkat.
5. Isian : Tumis bawang putih, bawang bombay, sosis dan bayam.
6. Isi pie dengan bahan isian kemudian tuang saus hingga penuh (kulit pie saya kurang tinggi, jadi saus tidak bisa menutup semua bahan isian)
7. Panggang kembali hingga matang kurang lebih 45 menit.
8. Angkat dan siap disajikan.

Yeaayy sudah beres setoran PR kali ini, bisa setor tepat waktu juga. Walaupun tampilan pie ini persis pizza tapi rasanya bedaa, boleh dicoba dirumah lho. Ini beberapa foto yang sempat saya abadikan berikut proses pembuatannya. Selamat menikmati ^^

Ini sisa kulit pie yang saya cetak di cetakan pie mini. Ada 5 buah sebenarnya, tapi 2 buah lainnya sudah ludes dicicip duluan :9




Dan beginilah proses pembuatannya, beberapa step saja yang sempet saya foto ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar