Rabu, 12 Februari 2014

Ichigo Daifuku

Logonya lucu yaa ^^
Emang lagi rajin-rajinnya setor PR group mumpung masih liburan, kali setor PR group Pawon Ibu dengan tema mochi. Karena saya masih anggota baru di Pawon Ibu jadilah ini setoran PR kedua saya :D
Sengaja gabung di beberapa group masak-memasak termasuk Pawon Ibu ini biar saya bisa memaksa diri nyobain menu-menu baru, hitung-hitung buat nambah pengalaman dan penuhin album foto masakan. Walaupun namanya Pawon Ibu, tapi isi pawonnya ada saya juga yang belum ibu-ibu hihi.. Biarlah saya ikutan belajar sama ibu-ibu yang jago masak disana.

Karena temanya mochi saya bikin Ichigo Daifuku atau mochi yang isiannya buah strawberry. Sebenarnya mochi banyak variasinya, ada yang isian dengan kacang hijau, kacang merah, coklat bahkan ice cream. Dan semuanya tentu menggoda untuk dicicipi..
Resep Ichigo Daifuku ini saya adaptasi dari resep Mba Medya atau kalau mau lebih jelasnya ada cara pembuatannya disini.

Ichigo Daifuku

Bahan Mochi :
100 gr tepung ketan
2 sdm gula pasir
95-100 ml air
tepung maizena secukupnya (taburan)

Bahan Isian :
250 gr kacang merah rebus
70 gr gula pasir
>blender hingga halus, saring ambil ampas
7 buah strawberry

Cara Membuat :
1. Cuci bersih buah strawberry, potong ujungnya.
2. Bulatkan pasta kacang merah masing-masing 25 gram.
3. Pipihkan bulatan pasta kacang merah, lalu letakkan strawberry di tengah dan balutkan pasta kacang merah hingga strawberry tertutupi, sisihkan.
4. Buat larutan adonan mochi (tepung ketan, gula pasir dan air) aduk rata hingga semua larut.
5. Panaskan panci berisi air hingga mendidih, kukus adonan mochi kurang lebih 15 menit.
6. Siapkan tempat untuk membuat adonan mochi, taburi dengan tepung maizena. Tuangkan adonan mochi yang sudah dikukus diatasnya lalu taburi kembali dengan tepung maizena.
7. Taburi tangan dengan tepung maizena, lalu bagi adonan menjadi 6 bagian. Bentuk masing-masing menjadi bulatan.
8. Ambil satu bulatan lalu pipihkan dan isi dengan isian strawberry+pasta, pertemukan ujung adonan mochi sampai isian tertutup, lalu bulatkan kembali. Lakukan hingga seluruh adonan selesai.

Ukuran mochinya emang besar, sesuai isian strawberrynya.

Bentuknya belum bisa rapi.

Note :
1. Warna pasta kacang merahnya tidak begitu terlihat, mungkin kalau dengan anko warnanya lebih menarik dan tentu tidak ribet membuat sendiri pasta kacangnya.
2. Kalau memakai kacang merah kering direndam dulu ya kurang lebih 3 jam.
3. Segera bentuk adonan mochi selagi hangat, karena kalau sudah dingin akan susah dibentuk.
4. Harusnya ini untuk 6 buah mochi, tapi karena ada lebihan adonan mochi saya buat jadi 7 buah ^^

1 komentar: